Snippet

Beberapa Aplikasi CMS

  WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan abasis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sistem terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. 

  Joomla! Adalah Sistem manajement konten  (SMK atau CMS) yang bebas dan terbuka (free open source) ditulis menggunakan PHP dan basis data MySQL untuk keperluan di internet. Joomla pertamakali dirilis dengan versi 1.0.0. Fitur-fitur Joomla! diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll. Joomla! menggunakan lisensi GPL.



    Drupal adalah sebuah perangakt lunak manajement sistem konten yang bebas dan etrbuka yang di distribusikan dibawahlisensi GPL, pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. Dibuat dengan bahasa pemrograman PHP, Drupal dapat dipasang pada beberapa jenis database seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite,MariaDB dan juga MsSQL. Web server yang mendukung diantaranya Apache, Nginx, IIS yang berjalan pada sistem operasi Cross-Platform seperti Microsoft  Windows, Mac OS, Linux dan FreeBSD. Drupal dapat diunduh secara bebas dan dapat digunakan secara bebas, sehingga memungkinkan setiap orang baik secara individu maupun komunitas untuk mempublikasi, mengatur, mengelola dan mengorganisir berbagai jenis dari isi/konten pada website. Kemampuannya tidak sekedar sebagai CMS, namun dengan modul API-nya Drupal juga dapat digunakan sebagai CMF dalam membangun aplikasi berbasis Web.


      Mambo adalah sebuah web Content Management System (CMS) yang memungkinkan kita untuk membangun web secara cepat, mudah dan dynamis. Meskipun mambo belum dikenal secara luas seperti layaknya Windows atau Linux, tetapi di kalangan para web developer Mambo sangat dikenal luas karena kemudahan dalam instalasi dan kemudahan dalam penggunaannya.
Mambo pertama kali diperkenalkan dengan nama Mambo Open Source (MOs) dan sekarang hanya disebut Mambo. Mambo didevelop pertama kali oleh Miro Programmers pada tahun 2000. Karena perkembangannya yang sangat pesat maka dibentuklah sebuah wadah untuk research and development yang dinamakan Mambo Foundation yang bekerja sama dengan perusahaan dari Australia yaitu Miro serta dikeroyok oleh beberapa volunteers dan pecinta Mambo di seluruh dunia.

     Textpattern adalah piranti lunak Open source berbasis CMS  yang pertama kali ditulis oleh Dean allen. Textpattern sering disejajarkan dengan piranti lunak untuk membangun blog  pada umumnya, walaupun tujuan pembangunan awal dari Textpattern itu sendiri adalah untuk membuat suatu CMS untuk keperluan umum, yang cocok untuk digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Textpattern ditulis dalam bahasa pemprograman PHP, dan dilepas ke umum dibawah naungan GNU General Public License. Versi stabil terakhir dari piranti lunak ini adalah 4.0.5
  CMS Made Simple - Ketemu lagi dengan Post baru ku hari ini. kali ini dengan Definisi CMS Made Simple. CMS Made Simple Disingkat CMSMS. CMS gratis dan open source yang menyediakan area pengembangan dan administrasi berbasis web bagi para developer, programer, dan pemilik website CMSMS dibangun menggunakan PHP dengan dukungan untuk MySQL dan PostgreSQL. Sama seperti PrestaShop, sistem template CMSMS digerakkan menggunakan Smarty Template Engine.
modx adalah Content management system yang patut untuk menjadi pilihan bagi anda yang ingin membangun sebuah website.
untuk bisa mendevelopment website menggunakan modx harus mengerti dasar bahasa pemrograman web, tidak seperti cms-cms lain seperti joomla, mambo atau wordpress. Paling tidak anda mengerti konsep html, css atau php.




    ExpressionEngine merupakan CMS forum yang mendukung penggunaan tag HTML. Sementara kebanyakan forum hanya mendukung untuk penulisan tag BBCODE. Kelebihan penggunaan tag HTML dalam membangun backlink adalah bisa memberikan title pada link yang kita masukkan, sementara BBCODE tidak.

  AuraCMS adalah kumpulan skrip PHP yang membantu Anda untuk membangun website dengan konten dinamis secara mudah dan cepat, tanpa membuang banyak waktu.

Keunggulan auraCMS :

a. Sederhana, mudah dimodifikasi oleh pemula untuk mempelajari dan mengembangkannya dengan PHP
b. System modul, dengan konsep ini memudahkan kita membuat modul baru
c. Minimalis layout, mudah mengganti / merubah layout
d. Theme, dengan theme penggantian layout jadi lebih mudah dan cepat

Kelemahan auraCMS :

a. Dikembangkan oleh pemula bukan pakar
b. Kurang populer dibanding cms lain
c. Dokumentasi tidak lengkap 

 



Leave a Reply