Snippet

Cara Menangani Spam Trackback di Blog WordPress


Jika Anda blogger yang menggunakan WordPress dan blog anda cukup populer serta memiliki trafik yang tinggi pasti anda sudah seringkali menerima spam trackback. Ini merupakan cara lain yang dilakukan para spammer untuk mendapatkan backlink selain cara lama yang biasa dilakukan yaitu melalui komentar.
Trackback adalah fitur yang dimiliki WordPress untuk menerima pingback jika ada link yang menuju halaman artikel blog kita. Sebenarnya fitur ini tidak ada salahnya digunakan jika memang trackback yang masuk memang benar-benar valid, namun jika sudah berlebihan dan tidak sesuai lagi dengan konten kita maka itu sudah bisa dikatakan spam dan ini jelas merugikan selain karena akan banyak trackback sampah di artikel, juga pasti memenuhi database kita. Apalagi kalau jumlah artikel blog anda sudah cukup banyak…misalnya di atas seribu…jelas spam trackback jadi masalah yang tidak bisa dihiraukan lagi.
Sebenarnya ada plugin yang bisa digunakan untuk menangani masalah spam trackback ini yaitu Simple Trackback Validation, namun menurut saya untuk masalah ini tidak perlu menginstal plugin segala yang justru membebani blog kita. Ada cara lain yang lebih efektif dan memerlukan sedikit kerja saja. Berikut ini caranya :

  • Login ke blog WordPress anda
  • Masuk ke halaman Settings –> Discussion kemudian hilangkan centang pada ”Allow link notifications from other blogs (pingbacks and trackbacks) ” di default article setting. Hal ini tidak akan mengijinkan trackback pada artikel baru anda nantinya namun untuk artikel lama masih bisa menerima spam trackback.
  • Untuk artikel lama, sebenarnya anda bisa mendisable trackback satu-persatu pada artikel-artikel tersebut, namun kalau artikel lama anda sudah banyak jelas ini cukup menyita waktu. Ada cara yang lebih sederhana lagi yaitu menggunakan mySQL database.
  • Jika anda menggunakan cPanel, silahkan login kemudian klik icon phpMyadmin. Kemudian buka database blog WordPress anda dan jalankan query berikut ini pada tab SQL:
UPDATE wp_posts SET ping_status="closed";
Disini database WordPress  menggunakan prefix standar yaitu wp_ dan jika database WordPress anda menggunakan table prefix selain wp_ , maka ganti dengan prefix tersebut dengan prefix anda sendiri.
Setelah menjalankan query tersebut di atas, maka blog anda akan terbebas dari trackback untuk semua artikel lama hingga artikel baru yang akan anda posting berikutnya.

Leave a Reply